Beranda > Ban > Memilih Ban Motor Saat Musim Hujan

Memilih Ban Motor Saat Musim Hujan

Sebagai salah satu komponen dalam berkendara, ban memiliki fungsi penting. Anehnya, banyak orang yang salah pilih ban untuk pemakaian sehari-hari, baik itu dari segi ukuran, bahan yang dipilih, medan ja lan, waktu pemakaian, dan standarisasi yang su dah ditetapkan pihak produsen motor maupun ban.


Menurut Teguh Hartanto, Marketing Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban me­rek Federal (FDR), sebenarnya orang tidak ha rus beli ban yang mahal untuk keamanan ber ken da ra. Beli ban yang biasa saja, asal memiliki kom po sisi bahan yang baik, sudah bisa digunakan untuk ber kendara harian. Dan yang tak kalah penting, me nye suaikan kapan ban akan dipakai. Nah, jika mu sim hujan seperti sekarang, apa ban yang cocok un tuk berkendara? Simak tips yang disampaikan Te guh Hartanto berikut ini.

Pertama, ban harus memiliki daya cengkram yang bagus. Ini bisa dilihat dari segi komponnya dan dari kembangannya. Kembangan bagus tapi kom ponnya keras, ban jadi licin. Kualitas kompon yang bagus bisa diadop dari racing, untuk harian jadi berkualitas.

Kedua, kembangan sangat berperan penting un tuk menghadapi kondisi hujan. Kalau gundul, maka akan lincin. Ban kembangannya gundul tapi kom pon nya bagus, akan memiliki daya cengkram yang baik. Makin lebar tapak ke jalanan sangat bagus un tuk kondisi hujan. Pada umumnya, orang salah ka prah menggunakan ban racing. Dampaknya mem bahayakan bagi pengendara saat hujan. Se baiknya menggunkan ban yang standar saja.

Ketiga, tekanan angin sangat mempengaruhi da ya cengkram. Kalau tekanan angin kencang, ban ti pisnya di tengah. Kalau tekanan angin kurang, ban tipis di samping. Bagi pengendara disarankan, un tuk menghadapi musim hujan agar tekanan angin nya standar saja.

Pakailah ban sesuai dengan aturan yang berlaku dan standarisasi yang telah ditentukan. “Pihak FDR sen diri menyarankan untuk musim hujan meng gu na kan Ban Sport MV 76 dan Sport XR untuk kelas Premium dan ban tipe Duromax untuk kelas biasa,” saran Teguh. rm

Kategori:Ban
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: